M-150 Preloader Image0%

Waspada Musim Pancaroba, Jaga Stamina dengan Cara Ini

Rutinitas sehari-hari membuatmu harus ekstra cermat menjaga kesehatan, khususnya saat musim pancaroba tiba. Momen pergantian musim membuat kondisi lingkungan lebih dingin dan kering. Hal tersebut membuat lapisan jaringan yang membatasi rongga saluran cerna (mukosa) serta saluran pernapasan menjadi kering sehingga memicu perkembangbiakan mikroorganisme penyebab penyakit. Kamu tentu tak mau kan gampang sakit selama musim pancaroba hingga aktivitas jadi terhambat?

Mulai sekarang, sebaiknya kamu melakukan beberapa hal penting berikut ini supaya stamina tubuh tetap prima di musim pancaroba:

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Gizi Seimbang

Hal pertama yang wajib kamu lakukan supaya tetap sehat selama musim pancaroba adalah mengonsumsi makanan bergizi. Asupan makanan bergizi dengan porsi seimbang akan memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. Metabolisme tubuh akan berlangsung lancar jika kamu senantiasa memperoleh asupan gizi seimbang. Antibodi dalam tubuhmu akan membentuk daya tahan yang kuat untuk membasmi sel-sel asing penyebab penyakit. Jangan lupa pula mengimbangi asupan gizi seimbang dengan membatasi konsumsi makanan tinggi kalori dan lemak supaya tubuh semakin sehat.

Minum Air dalam Jumlah Cukup

Tubuh bukan hanya membutuhkan makanan bergizi, melainkan juga asupan air dalam jumlah cukup. Asupan air dalam tubuh berperan penting mengangkut oksigen ke seluruh organ. Seluruh fungsi organ tubuh akan berlangsung optimal bila mendapatkan asupan air yang cukup, termasuk fungsi imunitas. Tubuh yang sering mengalami dehidrasi lebih rentan membuat daya tahan menurun. Idealnya, tubuhmu membutuhkan asupan air minimal 2 liter per hari. Namun, kemungkinan besar kamu butuh asupan air dalam jumlah lebih banyak jika kerap melakukan aktivitas fisik intensitas tinggi atau beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas.

Melakukan Aktivitas Fisik Secara teratur

Musim pancaroba bukanlah halangan untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur. Sebaliknya, kamu justru harus tetap berolahraga minimal 3 kali seminggu. Olahraga rutin akan memperlancar sirkulasi darah sehingga daya tahan tubuh meningkat. Mulailah memilih olahraga yang kamu sukai agar kamu lebih bersemangat, misalnya jogging, bersepeda, renang, atau olahraga permainan. Kalau kamu tidak terbiasa berolahraga secara teratur, cobalah melakukan olahraga dengan intensitas ringan terlebih dahulu. Nanti, kamu bisa meningkatkan intensitas dan durasi olahraga bila tubuh mulai terbiasa dengan aktivitas fisik tersebut.

Menyiapkan Waktu Tidur yang Cukup

Tahukah kamu kalau waktu tidur sangat mempengaruhi stamina tubuh?

Saat tidur, tubuh akan melakukan regenerasi sel dan memproduksi antibodi. Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan waktu tidur yang cukup agar tak gampang sakit, khususnya saat musim pancaroba. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur berkisar antara 7 hingga 9 jam per hari. Selain baik untuk menjaga stamina tubuh, waktu tidur yang cukup juga dapat meminimalkan risiko peradangan, menstabilkan suasana hati, dan membuat nafsu makan tetap stabil.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh dengan Konsumsi Suplemen

Kamu tak perlu resah bila asupan makanan yang kamu santap belum cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Kini, kebutuhan gizi harian dapat dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen. M-150 bisa diandalkan sebagai suplemen karena mengandung beragam nutrisi seperti vitamin B3, B5, B6, dan inositol. Energy drink yang diproduksi Perusahaan Osotspa asal Thailand ini bercita rasa segar karena diperkaya sensasi rasa buah. Kandungan kafein M-150 lebih rendah dari kopi karena hanya 50 mg per sajian 150 ml. Kamu pasti siap melanjutkan aktivitas dengan tubuh fit dan konsentrasi penuh usai mengonsumsi M-150.

Jangan biarkan kondisi kesehatan menurun selama musim pancaroba hingga membuat produktivitasmu terganggu. Yuk, jalani pola hidup sehat secara konsisten agar senantiasa bugar di segala musim.


Referensi:

detik.com/jabar/berita/d-6249747/7-cara-meningkatkan-imun-tubuh-saat-musim-pancaroba

health.kompas.com/read/2022/09/24/152202468/musim-pancaroba-datang-jaga-daya-tahan-tubuh-dengan-5-kiat-berikut?page=all

klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/ini-penyebab-orang-lebih-mudah-sakit-saat-musim-pancaroba

arrow_upwardKembali ke atas